Sabtu, 25 Januari 2014

Setidaknya 11 dari 90 Teroris Asal Denmark Tewas di Suriah

Suriah Hari Ini - Setidaknya 11 dari 90 teroris asal Denmark yang datang ke Suriah sejak musim panas 2012 yang tergabung dengan kelompok-kelompok teroris yang berusaha menggulingkan Presiden Bashar al-Assad diyakini telah tewas, kata Badan Intelijen dan Keamanan Denmark, Jumat (24/01/2014).

"Kami belum pernah melihat begitu banyak warga dari Denmark yang telah melakukan perjalanan ke daerah konflik selama periode waktu yang relatif singkat," kata Jens Madsen, kepala badan intelijen dan keamanan Denmark, PET.

Sebagian besar adalah pemuda yang merupakan anggota geng kriminal atau kelompok-kelompok ekstremis, kata Pusat Analisis Teror (CTA) dalam sebuah laporan yang ditugaskan oleh PET.

Militan yang kembali ke Denmark diyakini berperan dalam merekrut sukarelawan baru untuk bergabung dengan kelompok teroris asing yang didukung di Suriah.

"Salah satu tugas utama PET adalah untuk mengawasi orang-orang yang berencana untuk melakukan perjalanan ke Suriah dan ber'jihad', serta mereka yang pulang." kata Madsen.

Tren ini menimbulkan ancaman bagi keamanan nasional Denmark. Teroris sering kembali dengan "keterampilan dan kemauan untuk melakukan tindakan terorisme," kata laporan itu.

Level siaga keamanan di Denmark masih dalam level "serius," meskipun risiko secara keseluruhan yang akan menjadi korban serangan teroris di Denmark rendah, kata PET.

PET memperkirakan bahwa kemungkinan besar serangan teroris di Denmark akan dijadikan pembalasan oleh kelompok-kelompok ekstremis terhadap pemerintah. (SHI/ALALAM)

0 komentar:

Posting Komentar

Breaking News
Loading...
Pesan Cepat
Press Esc to close