Sabtu, 18 Januari 2014

[Foto] 5 Monumen Bersejarah yang Hancur Selama Perang Suriah Versi SHI

Suriah Hari Ini - Perang Suriah hingga kini masih berkecamuk, korban pun masih berjatuhan. Tapi ini juga bukan satu-satunya konsekuensi, terdapat arsitektur dan warisan sejarah telah hancur berkeping-keping disebabkan oleh krisis panjang ini. Menurut UNESCO, lima dari enam situs warisan dunia yang terdapat di Suriah -- meliputi Kota Gurun Kuno, Palmyra, Benteng Crac des Chevaliers dan Qalat Salah El-Din serta beberapa bagian kuno Damaskus-- telah terkena dampak pertempuran.

Berikut adalah lima situs dan bangunan paling signifikan yang telah rusak atau hancur selama perang Suriah versi Suriah Hari Ini :

1. Masjid Umayyad - Damaskus


Terletak di kota tua Aleppo, Masjid Umayyah adalah salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO di Suriah, bukan hanya tu, masjid ini pun merupakan salah satu masjid tertua dan paling penting di dunia. Menara yang berusia hampir 1.000 tahun ini, akhirnya hancur pada awal tahun 2013.

Dalam sebuah wawancara dengan Daily Mail, Helga Seeden, profesor arkeologi di American University of Beirut, mengkategorikan kerugian ini ke dalam konteks: "Ini seperti meledakkan Taj Mahal atau menghancurkan Acropolis di
Athena. Masjid ini adalah tempat perlindungan hidup... ini adalah bencana. Dalam hal warisan, ini adalah yang terburuk yang pernah kulihat di Suriah. Aku ngeri."

2. Pasar Souk Al-Madina - Aleppo



Souk al-Madina di Aleppo adalah salah satu dari beberapa lokasi bersejarah di Suriah yang terbakar akibat pertempuran. UNESCO mengatakan terbakarnya Souk al-Madina merupakan sebuah tragedi. Menurut Perwakilan UNESCO, Karim Hendili, Kota Tua Allepo merupakan kawasan yang paling terpukul akibat konflik. Api melahap Souk al-Madina hingga 500 toko ludes terbakar. Lorong berkubah di pasar tersebut pun rusak parah.

3. Masjid Al Omari - Daraa

Masjid ini, didirikan pada awal abad kedelapan oleh Khalifah kedua, Umar bin Khatab, adalah salah satu masjid tertua di dunia. Di masa awal-awal perang, masjid ini menjadi rumah sakit lapangan dan perlindungan bagi demonstran. Pada 2013, menaranya pun hancur.

4. Benteng Crac des Chevaliers di Homs



Salah satu dari enam Situs Warisan Dunia UNESCO di Suriah, Crac des Chevaliers adalah salah satu istana yang paling penting di dunia abad pertengahan yang masih ada. Situs ini hancur dibom pada tanggal 21 Oktober 2013.
































Kota kuno oase di Suriah, Palmyra, rusak akibat bentrokan antara pasukan Suriah dan pembetontak di antara lokasi arkeologi sangat berharga ini. Bagian depan Kuil Baal, yang berasal dari Abad I, dengan tembok batu bernilai sejarah dunia, yang berlubang besar digodam peluru mortir. Jajaran tiang besar yang membentang dari kuil tersebut pun dibuat berlubang oleh pecahan amunisi.

Sumber: Diambil dari Berbagai Sumber oleh SHI

0 komentar:

Posting Komentar

Breaking News
Loading...
Pesan Cepat
Press Esc to close