Rabu, 19 November 2014

Dalam 5 Bulan, Teroris ISIS Bunuh 1.500 Warga Suriah, Kebanyakan Warga Sipil

Suriah Hari Ini - Kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) telah mengeksekusi hampir 1.500 orang di Suriah dalam lima bulan sejak mendeklarasikan kekhalifahan, kata Observatorium Suriah untuk HAM seperti dikutip AFP.

"Observatorium Suriah untuk HAM telah mendokumentasikan eksekusi 1.429 orang sejak ISIS memproklamasikan kekhalifahannya Juni," kata direktur Observatorim, Rami Abdel Rahman.

Kebanyakan korban ISIS di Suriah adalah warga sipil, sambung dia.

"Dari jumlah orang yang dipenggal atau ditembak mati dalam pembunuhan massal oleh ISIS itu 879 orangnya diantaranya warga sipil yang antara lain 700 orang anggota suku Shaitat."

Suku Sunni Shaitat dari provinsi Deir Ezzor mengangkat senjata melawan ISIS pada pertengahan 2014.  63 orang lainnya berasal dari kelompok pemberontak lainnya atau dari pesaing ISIS, Front Al-Nusra.

"483 lainnya adalah tentara Suriah, sedangkan empat lainnya anggota ISIS yang dituduh korupsi atau melakukan pelanggaran lainnya," kata Abdel Rahman.

ISIS telah mengeksekusi sejumlah besar tentara yang loyal kepada Presiden Bashar al-Assad dalam beberapa bulan terakhir setelah menduduki posisi pemerintah di Suriah tengah dan utara.

Kebanyakan tentara Suriah ini dipenggal dan jenasahnya dipajang di depan umum untuk meneror warga sipil dan kelompok lain yang berniat melawan mereka, kata Abdel Rahman.

"Tujuan lain dari eksekusi oleh ISIS adalah meneror komunitas internasional, sembari menarik perhatian militan baru ke pihak mereka," kata dia kepada AFP. (SHI/Antara)

0 komentar:

Posting Komentar

Breaking News
Loading...
Pesan Cepat
Press Esc to close